Ekonomi, Umum

Wawancara dengan Maikelin Kurisi Pengusaha muda asal Papua.

Maikelin Kurisi,nama yang asing jarang di bicarakan dan bahkan ini pertama kalinya Maikelin yang biasa di sapa Michelle di wawancara.

(Foto bersama hendy setiono kebab turki baba rafi Via Instagram)

Kalian pasti bertanya siapa sih Michelle Kurisi ini ? Dia adalah pengusaha muda asal Papua yang baru saja menandatangani kontrak kerja dengan salah satu Kementrian dengan total angaran 4,8 Miliar, dengan memenagkan proyek ini Perempuan 24 tahun ini tercatat sebagai Pengusaha Muda Papua pertama yang memiliki usaha di bidang Jalan dan Jembatan.

Mari kita cari tauh sosok pengusaha cantik asal Papua Michelle Kurisi lewat wawancara via LINE.

Tim : Coba ceritakan sedikit tentang diri anda Michelle  ?

Saya di kenal Pendiam bagi mereka yang belum mengenal saya dan saya di kenal gila bagi mereka yang memang benar-benar mengenal saya.

Tim : Kenapa anda di kenal gila ? 

Mungkin karena otak saya yang selalu ingin menceritakan hal-hal konyol dan saya juga suka sekali kerja hal-hal yang aneh…

Tim : Pekerjaan aneh apa yang membuat mereka menyebut anda gila ? 

Jualan nasi kuning di pingiran jalan dengan modal tekat, saya juga perna jual sayur pake mobil tua tanpa malu sedikitpun mereka angap saya gila dan goblok karena kuliah di London School dan jualan seperti orang yang tidak sekolah hahaha….

Tim : kamu benar kuliah di London School ?

Yes saya masih tercatat sebagai Mahasiswa abadi di London School

Tim : kamu tidak malu jualan seperti itu padahal Mahasiswa London School terkenal sebagai Mahasiswa elit ? 

Saya sama sekali tidak malu. Sebenarnya, Mahasiswa London School itu tidak semuanya elit tapi dosen kami mengajarkan kami untuk berpenampilan menarik,berprilaku elegan dan ada 10 pilar yang di tanamkan dalam diri kami, jadi yaa itu kami di pandang elit padahal sebagian besar kami dari keluarga yang sederhana, kami mampu beradaptasi dengan situasi dan lingkungan di mana kami berada.

Tim : dari keluarga sendiri ketika tauh anda berjualan nasi kuning tangapan mereka bagaimana ? 

Ada penolakan tapi kembali ke diri kita masing-masing, kalau sudah ambil keputusan untuk gila yaa harus gila yang benar-benar gila jagan coba-coba untuk waras karena kalau sudah waras saya yakin rasa malu dan minder itu ada dan akan menghambat usaha kita.

Tim : berarti saat ini Maikelin sudah waras ? 

Saya tidak merasa diri saya gila, hahaha…. Itukan penilaian orang terhadap saya. Kalau saya sekarang sukses yaa berarti mereka yang harus menjadi orang gila supaya bisa di tanya-tanya wartawan hahaha…..

Tim : apakah anda sudah merasa diri anda sukses ?

Hahaha…saya belum merasa diri saya sukses, ini baru awal perjalanan karir saya di dunia bisnis.

Tim : siapa motivasi anda dalam berbisnis ?

Ayub yang di Alkitab

Tim : kenapa Ayub ?

Karena Ayub mengambarkan sosok Pengusaha sukses yang bisa menjadi teladan dan berintegritas tinggi.

Tim : moto hidup anda kedepan ?

Lakukan segala sesuatu untuk Tuhan dengan begitu semua yang terbaik dari diri kita akan keluar dengan sendirinya.

Tim : bagaimana perusahaan anda bisa masuk ke pekerjaan pemerintah ?

Saya memakai hak saya sebagai Perempuan asli Papua. Puji Tuhan saya ini terlahir sebagai Perempuan Papua, bagi setiap orang asli Papua sudah harus dan sudah menjadi HAK kami untuk bekerja sama dengan pemerintah. Kami di lahirkan di tanah Papua yang penuh dengan harta bahkan di bilang surga kecil yang jatuh ke bumi, mas di tempat kami menjadi cadangan mas Negara Adi Kuasa tapi banyak dari kami cuma berjualan pinang nah di sini saya ingin mengagkat hak dan martabat Perempuan Papua dari penjual pinang menjadi Pengusaha Milioner.

Tim : apakah ada saingan antara pengusaha Papua lainnya dengan anda ?

Kami tidak mengenal yang namanya bersaing antara orang asli Papua. Kami orang Papua selalu saling mendukung satu sama lain. Saingan kami adalah mereka yang datang dari luar untuk mencuri hak sulung kami.

Tim : kami dengar kabar anda memiliki usaha matrial berupa batu dan anda adalah pemilik sala satu gunung di Papua. Benar ? 

Ini sudah susah untuk di jawab, iya benar saya memiliki usaha matrial berupa karang putih. Kalau soal gunung, pemiliknya itu orang asli Port Numbay di Polimak 4 saya hanya di percayakan ‘tolong di kasih huruf besar’ UNTUK MENGELOLA

Tim : kedekatan anda dengan Mantan Dubes US di RI ?

Sebatas tauh, kebetulan juga saya bisa berbahasa Inggris dengan fasi jadi saya minta wefie tiap kali ketemu

Tim : Sudah punya anak dan suami ? Bagaimana membagi waktu ? 

Wah saya ini sudah seperti artis, di tanya terus… Ia sudah berkeluarga, anak saya bawa ke kantor dan lapangan, kebetulan juga suami saya tipe suami setia jadi gantian jaga nya. Kita ketemunya malam terus tiap pagi dan pulang kantor sudah pasti berdoa dan berpelukan hahaha….

Tim : satu terahir, pesan untuk anak-anak muda Indonesia yang ingin menjadi Pengusaha 

Jangan mengangap dirimu lemah karena engkau muda, setiap langkah mu di atur oleh Tuhan kalau kamu sedang jatuh ingat tangan kasihNya menuntunmu ke sungai sukacita yang akan mengalir mengairi hidupmu seperti hujan yang mengaiiri samudra sampai engkau akan bangkit kembali.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi seluru Pengusaha Muda di Papua.

Dari wawancara saya dengan Michelle saya menilai dia Perempuan yang bisa di ajak bercanda tapi tegas dalam mengambil keputusan.

Ayooo anak muda bangkit dan berprestasi seperti Maikelin Kurisi teman kita dari Papua !!

Sumber:https://kabarpengusahamudaberprestasi.wordpress.com/2017/01/30/wawancara-dengan-maikelin-kurisi-pengusaha-muda-asal-papua-3/

Advertisements

2 thoughts on “Wawancara dengan Maikelin Kurisi Pengusaha muda asal Papua.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s