Kepemimpinan, Pemerintah

TENTANG NEGARA QATAR

1.Sejarah

Pada Abad ke-5 sebelum Masehi, Seorang Sejarawan Yunani, Herodotus menyebutkan bahwa Pelaut Kanaan merupakan penduduk asli Qatar. Selanjutnya, Ptolemy menunjukkan petanya tentang dunia Arab ‘gatara’ yang diyakini merujuk pada kota Qatar Zubarah, yang sudah terkenal menjadi pelabuhan perdagangan paling terkenal di kawasan Teluk pada masa itu.

Qatar memasuki dunia Islam sejak Rajanya, Al-Munzir Ibn Sawi Al-Tamimi memeluk Islam pada abad ke-7. Qatar sangat berperan dalam menyumbang perkembangan Islam. Dengan dipimpin oleh Abu al-Al’a al-Hadrami, armada angkatan laut Qatar merupakan armada yang paling hebat yang biasa digunakan untuk mengangkut tentara Islam ke berbagai wilayah.

Berada di bawah kekuasaan Abbasiyah, sekitar abad ke-8 H atau abad ke-16 M, Qatar mencapai kemakmuran dalam bidang ekonomi sehingga menjadi penyokong penting perekonomian dalam kekhalifahan di Baghdad. Selanjutnya Qatar bekerja sama dengan Turki untuk mengusir Portugis dari negaranya. Seperti negara lain di seluruh kawasan teluk Arab, Qatar pun akhirnya bernaung dibawah pemerintahan Turki selama empat abad berturut-turut. Namun, kedaulatan Turki Ottoman d kawasan hanyalah bersifat nominal, sedangkan kekuasaan sesungguhnya berada di tangan para Syeikh dan pangeran suku Arab lokal. Qatar sendiri berada dibawah kekuasaan Al-Thani.

Qatar terus berusaha untuk menjaga hubungan dengan Turki Ottoman hingga abad ke-20. Namun, pengaruh Turki di Teluk Arab semakin melemah. Dalam keadaan seperti ini, Qatar memutuskan untuk tidak membuat perjanjian perlindungan dengan siapapun, kecuali pada tahun 1916, akhirnya Qatar mengadakan perjanjian perlindungan dengan Inggris yang disahkan pada tanggal 23 Maret1918. Dalam perjanjian ini, Amir menyatakan dirinya setuju Qatar menjadi protektorat Inggris. Setelah perjanjian tersebut diratifikasi pada tahun 1935, Inggris akhirnya mulai datang ke Qatar. Eksplorasi minyak berlangsung sekitar 14 tahun sejak 1935 hingga 1949. Setelah itu, minyak mulai mengalir secara komersial. 85% pendapatan Qatar pada masa itu berasal dari ekspor minyak ini dan Qatar menjadi salah satu negara dengan pendapatan per kapita terbesar di dunia.

Kemerdekaan Qatar didapatkan dari Inggris pada tanggal 3 September 1971 yang kemudian berada dibawah pimpinan keluarga Al-Thani.

  1. Kondisi Geografis

Qatar mempunyai luas wilayah sekitar 11.437 km2 yang memanjang antara garis lintang 24,27 – 26,10 LU dan 50,45 – 51,40 BT atau sekitar 160 km dari semenanjung Arab ke utara sampai Teluk Persia. Negara ini berbatasan dengan Teluk Persi di sebelah Utara, Timur dan Barat serta Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab di sebelah Selatan. Ibukotanya adalah Doha yang juga menjadi Kota paling besar dan paling penting  di Qatar. Selain Doha, kota besar lainnya adalah Messaied, Al-Khor, Ras Laffan, Madinat Al-Shamal, Dukhan dan Abu samra. Wilayah Qatar umumnya merupakan dataran berbatu dengan titik tertinggi 103 km. Namun, ada pula beberapa bukit pasir yang mencapai ketinggian 40 m di atas permukaan laut di bagian barat dan utara. Peta Qatar dapat dilihat di lampiran.

Negara ini beriklim tropis dengan 2 musim, yaitu musim panas yang berlangsung dari bulan Juni hingga September dan musim dingin yang dimulai dari bulan Oktober hingga Mei.Curah hujan di musim dingin yang sedikit, rata-rata sekitar 100 milimeter per tahun. Perubahan suhu antar musim sangat ekstrim. Suhu yang pada bulan Januari sekitar 7° C bisa menjadi menjadi sekitar 45° C di puncak musim panas. Cuaca umumnya menyenangkan selama Oktober hingga Mei.

  1. Sistem Politik dan Pemerintahan

Qatar merupakan negara yang merdeka dan berdaulat yang menggunakan Syari’ah (hukum Islam) sebagai hukum dasar perundang-undangannya serta Islam sebagai agama resminya. Sistem pemerintahannya Monarki yang dikepalai oleh seorang amir yang diangkat secara turun-temurun dari keuarga Al-Thani. Amir ini sebelumnya merupakan putra mahkota yang dipilih oleh ayahnya yang menjabat sebagai Amir sebelumnya dan menyandang gelar “His Highness The Heir Apparent”. Kalau Amir tidak memiilki anak laki-laki, maka dia akan mengangkat seorang putra mahkota dari keluarga Al-Thani dengan terlebih dulu berkonsultasi dengan Majelis keluarga. Amir adalah pemegang kekuasaan eksekutif tertinggi dengan dibantu Putra Mahkota dan Dewan Menteri. Amir juga merupakan pemegang kekuasaan tertinggi legislatif dengan dibantu oleh Majelis Shura.

Qatar merupakan negara yang belum memiliki partai politik. Dewan Kontapraja atau Central Municipal Council kemudian dibentuk untuk memberikan wadah bagi rakyat yang ingin berpartisipasi dalam politik. Qatar juga tidak secara jelas mnyebutkan adanya lembaga legislatif atau perlemen, namun lebih dikenal adanya majlis syura yang nantinya akan berkonsultasi dengan pemerintah mengenai berbagai hal salah satunya adalah pembahasan tentang pemilihan Dewan Kontapraja.

  1. Bendera

Bendera nasional Qatar sangat menggambarkan ideologis erta sejarahnya. Diterapkan secara resmi pada tahun 1949, bendaera Qatar sangat mirip dengan bendera Bahrain, negara tetanggannya. Namun, saat ini bendera Qatar telah berubah beberapa kali sehingga tampak berbeda dnegn Bahrain. Bendera asli Qatar menggunakan pewarna celup merah yang luntur di bawah sinar matahari dan kemudian diberikan warna merah marun. Bendera ini dirancang dan digunakan sampai 1960. Aetelah itu, ditambahkan garis putih bergerigi didalamnya.

Sejak 1916 bendera Qatar menjadi wrana putih denagn kotak merah ditengah dan sabit kuning di kanton. Pada tahun 1935, garisbergerigi diubah menjadibergelombang satu dan warna merah diubah menjadi ungu. Kemuadian pada tahun 1936, warna ungu dirubah menjadi merah dan ada 10 berlia dalam gerigi. Bendera ini juga membawa nama dan harga diri bangsa. Pada 1949, Bendera Qatar mengalami perubahan kembali. Geriginya mnecapa sepertiga bagian bendera dan berlian dihilangkan. Akhirnya pada tanggal 9 Juli 1971, sebelum Qatar merdeka dari Inggris, bendera telah di setujui.

Saat ini bendera Qatar berwarna merah dengan garis putih lebar bergerigi di bagian utnuk mengibarkan.Warna putih menyimbolkan perdamaian dan warna merah melambangkan zaman pertumpahan darah dan perang dalam sejarah Qatar. Sedangkan 9 titik gerigi menandakan bahwa Qatar adalah anggota ke 9 dari Persian Gulfs ‘reconciled Emirates’.

  1. Kepala Negara

Keluarga yang berkuasa di Qatar adalah Al-Thani. Mereka adalah salah satu suku yang telah lama menempati sekitar Oasis Jibrin yang sekarang merupakan Saudi Arabia. Oasis ini adalah salah satu oasis yang terkenal di Riyadh.

Keluarga Al-Thani adalah salah satu keturunan dari suku Arab Tamim yang tinggal di sebelah timur semenanjung Arab. Nama Al-Thani diambil dari nama leluhur mereka yakni Thani bin Muhammed, ayah dari Sheikh Al-Thani yang menjadi penguasa pertama di Qatar pada pertengahan abad 19.

Keluarga Al-Thani sampai di Qatar pada awal abad 18 dan awalnya mendiami bagian utara semenanjung. Pada pertengahan abad 19, ketika Mohammed bin Thani, mereka pindah ke Doha.

            Berikut ini adalah nama-nama keluarga Al-Thani yang pernah menjadi pemimpin Qatar.

  1. Sheikh Qassim bin Mohammed Al- Thani (1878 – 1913)

Beliau adalah putra dari Sheikh Muhammed dan dianggap sebagai penemu Emirat Arab.

  1. Sheikh Abdullah bin Qassim Al-Thani (1913 – 1949)

Sheikh Abdullah memegang kepemimpinan selama beberapa tahun akhir hidup ayahnya. Selama pemerintahannya, Turki meninggalkan Qatrar dan Perjanjian perlindungan dengan Inggris disahkan. Pada masanya pula Minyak pertama kali ditemukan dan diekspor.

  1. Sheikh Hamad bin Abdullah Al-Thani (1940 – 1948)

Sheikh Hamad ditunjuk sebagai putra mahkota ketika  saat ayahnya berkuasa dan sering mewakili ayahnya sebagai pemimpin Qatar. Beliau meninggal ketika ayahnya masih hidup dan satu tahun setelah dia meninggal, ayahnya turun takhta dan digantikan oleh anaknya yang lain.

  1. Sheikh Ali bin Abdullah Al-Thani (1949 – 1960)

Sheikh Ali menjadi Amir setelah kematian ayah dan kakaknya, Sheikh Hamad. Selama kepemimpinannya, produksi minyak meningkat tajam dan Qatar langsung berubah menjadi negara modern.

  1. Sheikh Ahmed bin Ali bin Abdullah Al-Thani (1960 – 1972)

Beliau memerintah setelah Ayahnya turun takhta pada tahun 1960 hingga 1972 ketika sepupunya, Sheikh Khalifa bin Hamad mengambil tampuk kepemimpinan dengan dukungan penuh dari keluarga penguasa dan rakyat Qatar.

  1. Sheikh Khalifa bin Hamad Al-Thani (1972 – 1995)

Beliau adalah putra dari Sheikh Hamad (1940-1948). Sheikh Khalifa menjadi the menteri pendidikan Qatar pertama pada tahun 1957. Pada tahun 1971 Sheikh Khalifa mendeklarasikan Qatar sebagai negara merdeka dan pada tanggal 22 February 1972, beliau menjadi Amir Qatar dengan dukungan penuh keluarga serta rakyat Qatar. Pada masa pemerintahannyalah Negara Qatar yang modern berdiri.

  1. Sheikh Hamad bin Khalifa Al-Thani (dari 1995)

Sheikh Hamad naik takhta dengan dukungan dan persetujuan dari keluarga dan rakyat Qatar pada awal tahun 1995 hingga sekarang.

  1. Ekonomi dan Kekayaan Alam

Awalnya, ekonomi Qatar difokuskan pada perikanan dan mutiara. Namun, industri mutiara jatuh setelah munculnya mutiara budidaya dari Jepang pada tahun 1920-an dan 1930-an. Transformasi ekonomi terjadi sekitar tahun 1940, yaitu pada masa penemuan simpanan minyak bumi. Sekarang, pemasukan utama Qatar adalah dari ekspor minyak dan gas bumi, sehingga Qatar menjadi Salah satu negara terkaya di wilayahnya. Simpanan minyak negara ini diperkirakan sebesar 15 miliar barel (2,4 km³). Penghasilan dari minyak ini diberikan seutuhnya pada kesejahteraan negara, dengan banyak pelayanan gratis atau subsidi dalam jumlah besar.

Untuk tahun-tahun ke depan, Qatar diperkirakan akan tetap berfokus pada minyak dan gas bumi, tapi diiringi dengan pengembangan sektor swasta. Pada tahun 2004, Qatar Science & Technology Park dibuka untuk menarik dan melayani berbagai usaha berbasis teknologi, baik dari dalam maupun luar Qatar.

Qatar merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki PDB per kapita tertinggi, yaitu sekitar $39.607 pada tahun 2005. Dengan itu, taraf hidup penduduk Qatar dapatdisamakan dengan negara-negara Eropa Barat yang memiliki berbagai layanan sosial dan fasilitas modern.

  1. Budaya

Kebudayaan Qatar sangat terpengaruh oleh budaya Arab karena Qatar memang berasal dari Arab. Masyarakat Qatar sangat bangga untuk menunjukkan kekayaan budaya mereka. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya berbagai macam acara pertunjukkan budaya yang biasanya diadakan oleh beberapa organisasi. Pertunjukan budaya ini menampilkan berbagai macam aspek budaya tradisi dan kebiasaan yang khas dari negara tersebut.

Budaya Qatar sendiri merupakan hasil kombinasi beberapa warisan budaya. Halini dikarenakan ada banyak orang dari berbagai bangsa dan negara yang datang dan menetap di Qatar denagn membawa serta budaya mereka. Semua budaya yang ada telah dikombinasikan dengan baik tanpa menghilangkan unsur keaslian budaya Qatar sendiri dan tentunya disesuaikan dengan budaya asli serta Islam yang merupakan agama resmi negara Qatar.

Untuk membuktikan keseriusan Qatar dalam melestarikan budaya, pemerintah mendirikan sebuah culture village yang bernama Katara. Katara berada di antara Doha’ West Bay dan Pearl, tidak jauh dari Doha Exhibition Center dan berdekatan dengan Cultural Village lama, tempat penyelenggaraan Qatar Marine Festival. Katara ini dibuka mulai bulan Oktober 2010 ketika ada Festival Film Doha Tribeca dan TEDxDoha. Banyak organisasi paraQatari (istilah bagi penduduk asli Qatar) yang berkantor disini, diantaranya: Qatari Society for Engineers, Qatar Fine Arts Society, Visual Art Centre, Qatar Photographic Society, Childhood Cultural Centre, Theatre Society and Qatar Music Academy.

Nama Katara sendiri konon kabarnya diambil dari akar kata Qatar dari bahasa Portugis. Katara memiliki banyak fasilitas yang dapat digunakan untuk kegiatan kebudayaan, kesenian, komersial dan pemutaran film. Diantaranya adalah open amphitheatre, opera house, cinema yang juga dapat difungsikan untuk pertunjukan teater, multi purpose hall, pantai, pusat kerajinan tangan, toko buku, restaurant & cafe serta ruangan terbuka yang dapat dinikmati pengunjung. Katara memiliki luas 99 hektar dan akan dibangun 40 gedung pusat Kebudayaan dan Kesenian di Qatar.

MIA sendiri merupakan museum yang akan menyimpan sekitar 800 artifak seni dan bersejarah dari berbagai benua, yang berasal dari abad ke-7 sampai abad ke-19. Arsitekturnya dirancang oleh seorang arsitek yang sudah terkenal dalam membaut gedung-gedung megah dunia, yakni I.M Pei. Syaikha Al Mayassa bint Hamad Bin Khalifa Al Thani, anak perempuan Syaikh Qatar yang menjadi ketua pengelola museum ini mengungkapkan tujuan dari pembangunan ini adalah untuk menunjukkan bahwa Islam adalah peradaban yang damai, yang mengajarkan toleransi dan mengajak masyarakat dari berbagai latar belakang untuk hidup berdampingan dengan damai.

  1. Kebiasaan Masyarakat
  2. Memancing

Memancing adalah kegiatan yang sangat populer di Qatar. Kegiatan ini merupakan hiburan yang paling populer dalam penduduk setempat. Terlebih lagi Qatar memiliki banyak perairan yang kaya akan ikan. Di perairan teluk misalnya, ikan dapat ditemukan dalam jumlah yang besar. Jenis yang paling sering ditemui adalah Hammour, kepiting, angel-fish, puffers, ikan raja, ikan rati, ikan shari, dorado, dan urchin. Bahkan, jika beruntung lumba-lumba juga bisa ditemukan di sini.

Memancing di Qatar tidak bisa sembarangan karena pemerintah memberikan perhatian khusus terhadap ‘budaya’ memancing ini. Sebelum memancing, pemancing harus benar-benar membaca peraturan yang ada. Tidak semua tempat bisa digunakan untuk memancing. Ada batas-batas tertentu arean mana yang bisa digunakan untuk memancing. Jika sampai melanggar area tersebut, pemancing bisa dikenakan sanksi.

Kebiasaan ini banyak dimanfaatkan oleh pengelola-pengelola hotel di Qatar utnuk membuat tempat pemancingan di Hotel bagi para turis yang biasanya ingin juga menikmati ‘budaya’ masyarakat setempat. Selain itu, ada juga anggapan di kalangan turis bahwa mengunjungi Qatar tanpa memancing belum lengkap dan bisa mendapatkan ikan dari perairan teluk merupakan sebuah memori yang tidak terlupakan. Sehingga untuk memudahkan orang-orang yang ingin memancing, pemerintah akhirnya memberika perhatian khusus pada kegiatan ini dengan semakin menambah dan memperbaiki fasilitas dan sarana untuk memudahkan pemancingan.

  1. Berjalan

Berjalan di Qatar merupakan kegiatan untuk mengisi waktu luang yang paling di gemari tidak hanya masyarakat setempat tapi juga turis. Kegiatan ini paling disukai karena selain bisa melihat tempat-tempat atau keindahan alam masyrakat juga bisa berolahraga. Karena banyak penduduk yang memilih berjalan sebagai hobi mereka maka perbaikan dan pembuatan trotoar menjadi salah satu fokus utama perencanaan kota saat ini. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pejalan kaki.

Qatar memilki banyak sekali tempat yang indah dan nyaman untuk digunakan berjalan, misalnya taman hijau yang bisa membuat pikiran lebih tenang. Tempat yang paling terkenal untuk berjalan kaki adalah teluk Corniche. Teluk ini memiliki jalan beraspal sepanjang 7 km yang dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pejalan kaki. Berjalan disepanjang jalan di Qatar adalah suatu ‘keharusan’ bagi para wisatawan yang berkunjung ke Qatar. Qatar sangat memberikan perhatian bagi kegiatan berjalan ini. Taman-taman hijau dan indah terus diperbaiki dan dilengkapi untuk menambah kenyamanan. Masyarakat Qatar pun nampaknya sangat sadar akan pentingnya menjaga kesehatan sehingga mereka memilih berjalan sebagai hobi mereka. Selain menjaga kondisi kesehatan agar tetap stabil, berjalan juga memberikan kesempatan untuk lebih memperhatikan dan menikmati keindahan alam Qatar.

  1. Makanan
  2. Makanan Tradisional

Makanan tradisional yang paling populer dari Qatar adalah makanan lautnya, seperti lobster,  kepiting,udang, tuna, kingfish, dan kakap merah. Namun, makanan favorit penduduk asli Qatar adalah daging domba dan kambing tradisional yang dipadukan dengan susu dari sapi atau kambing yang dibuat menjadi yogurt.

  1. Menu Makanan

Qatari biasanya memulai hari mereka dengan memakan buah zaitun, keju, dan yoghurt sebagai menu makan pagi. Sedangkan untuk makan siang, mereka memilih menu yang berat. Dimulai dengan makanan pembuka dan mengakhiri hidangan dengan makanan enak seperti ikan atau daging domba rebus, salad, dan sayuran yang dimasak. Untuk makan malam, disediakan makanan ringan saja.

  1. Makanan Spesial

Makanan spesial dari Qatar adalah hummus yang biasanya tebuat dari buncis dan biji wijen. Selain itu, ada juga tabbouleh persteli cincang yang tidak kalah enaknya.

  1. Seni dan kerajinan

Qatar adalah negara yang terkenal kaya akan karya seni dan kerajiann yang sangat indah. Hal ini dikarenakan penduduknya yang sangat menyukai kesenian dan terus menjaga serta melestarikannya. Beberapa seni serta kerajinan yang terkenal di Qatar adalah percetakan, pembuatan gerabah dan patung, seni merenda dan menyulam, kaligrafi, menggambar dan melukis, serta fotografi tradisional dan digital.

Adapun seni dan kerajinan yang khas dari Qatar adalah sebagai berikut.

  1. Perhiasan tradisional

Penduduk Qatar juga sangat terkenal mahir dalam membuat kerajinan tangan yang sangat indah, tidak terkecuali perhiasan tradisional Qatar. Perhiasan yang dihasilkan seperti Al-Mirtaesah yaitu kalung emas besar yang menutupi dada hingga pinggang, Al-Kaff yang merupakan sebuah gelang emas serta Al-Tasa, sebuah hiasan kepala.

  1. Bordir

Qatar juga sangat terkenal dengan bordirnya. Bahkan, bordir sendiri menjadi kerajinan yang paling terkenal diantara semua kerajinan yang lain. Hal ini tidak mengherankan, mengingat Qatar memang memiliki sebuah teknik bordir yang khas. Untuk acara serta upacara tertentu, benang emas digunakan dalam baju perempuan.

  1. Tenun

Terdapat dua senin menenun yang terkenal di Qatar, yaitu Sadew dan Al-Safaf. Sadew merupakan seni mewarnai serta menenun karpet, bedcover, serta kantong pelana. Sedangkan, Al-Safaf adalah seni menenun tebu dan menjadikannya sebuah keranjang yang sangat indah.

  1. Musik dan Tari

Walaupun Qatar sudah menjadi negara yang modern,Musik dan tari bagi Qatari (sebutan untuk penduduk asli Qatar) merupakan bagian integral masyarakat. Mereka sangat menjaga dan melestarikan tarian maupun musik tradisional. Dalam pesta pernikahan, biasanya musik dan tari ini memegang peranan yang penting. Banyak penyanyi dan penari rakyat tampil di sini.

Musik yang paling populer di Qatar adalah musik Khaliji yang merupakan bagian dari suku Badui dan tarian yang paling populer adalah Ayyalah. Tarian ini bercerita mengenai medan pertempuran. Biasanya beberapa pusat kebudayaan di Qatar menampilkan tarian ini pada hari jum’at. Selain Ayyalah, terdapat tari Ardah yang ternyata sanggup merebut hati Qatari. Tarian ini merupakan tarian beladiri. Dalam tari Ardah, terdapat dua baris penari yang akan menari dengan diiringi lantunan berbagai macam alat musik yang bermain disamping mereka. Set Alat musik ini disebut Al-Ras yang terdiri dari drum besar, rebana, cerapap, dan drum kecil.

  1. Seni Islam

Selain terpenagruh dengan kebudayaan Badui, juga sangat erta dengan kebudayaan Ialam. Bahkan, pemerintah Qatar berniat untuk menjadikan Qatar sebagai pusat seni Islam dunia dengan mendirikan Museum of Islamic arts (MIA) yang akan menyimpan sekitar 800 artifak seni dan bersejarah dari berbagai benua, yang berasal dari abad ke-7 sampai abad ke-19. MIA dirancang oleh seorang arsitek yang sudah terkenal dalam membaut gedung-gedung megah dunia, yakni I.M Pei. Syaikha Al Mayassa bint Hamad Bin Khalifa Al Thani, anak perempuan Syaikh Qatar yang menjadi ketua pengelola museum ini mengungkapkan tujuan dari pembangunan ini adalah untuk menunjukkan bahwa Islam adalah peradaban yang damai, yang mengajarkan toleransi dan mengajak masyarakat dari berbagai latar belakang untuk hidup berdampingan dengan damai.

  1. Arsitektur

Salah satu unsur yang tidak boleh ketinggalan dari Qatar adalah arsitekturnya karena Qatar adalah negara yang terkenal dengan keindahan arsitekturnya yang konon dapat membuat semua orang terdiam untuk sekedar memperhatikan dan mengagumi ketika melihatnya. Arsitektur Qatar menggambarkan keindahan serta semangat negara ini. Selain itu, kuatnya pengaruh islam Qatar menghasilkan lebih dari 700 masjid Qatar yang dibangun dengan sangat memperhatikan keaslian gaya tradisional Arab.

Saat ini, arsitektur Qatar sudah berkembang pesat menjadi modern. Untuk membandingkannya, ada sebuah museum etnografi yang dibangun pada tahun 1935 yang masih tersisa. Dengan gaya arsitektur yang sederhana, museum ini dapat menggambarkan kehidupan masyarakat Qatar pada masa itu. Berbeda dengan hal itu, saat ini Qatar telah berubah menjadi negara metropolitan lengkap dengan berbagai arsitektur baru yang begitu indah, unik, dan menakjubkan hingga dapat memukau siapapun yang melihatnya. Selain itu, di Qatar terdapat sebuah monumen yang menggambarkan salah satu kekayaan alam Qatar yang diunggulkan sebelum Qatar mengeksploitasi minyak dan gas bumi, yaitu  mutiara. Monumen bernama Great Pearl ini berbentuk sebuah kerang raksasa yang terbuka dengan sebutir mutiara di dalamya, terletak di antara padang tandus sehingga terlihat sangat kontras dan indah.

  1. Wisata

a.      Scuba Diving

Scuba Diving adalah olhraga yang paling spectacular di Qatar. Kegiatan ini memberikan kesempatan pada kita untuk melihat dan meganalisis kehidupan bawah laut. Hal ini akan sangat menyenangkan karena Qatar dikelilingi oleh lautan di ketiga sisinya. Laut Qatar menyim, pan berbagai macam kekayaan flora maupun fauna. Berbagai macam ikan dapat dilihat disini, mulai dari ikan hammer, sail fish, Queen fish, ikan shari, kingfish, ubur-ubur dorado, siput laut, kepiting, kra-kura dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, negara ini menjadi tujuan yang sempurna untuk melakukan scuba diving.

  1. Corniche Bay

Teluk corniche terhampar sepanjang 7 km. Tempat ini dapat menjadi tujuan wisata yang menarik bersama keluarga karena selain keindahan alamnya, fasilitasnya pun sudah lengkap. Jalan beraspal, penginapan, cafe, tempat parkir, semuanya sudah tersedia di sini.

Teluk Corniche memiliki beberapa taman indah dan yang paling terkenal adalah Taman Rumaila yaitu tamman hijau yang menenagngkan hati dan bebas polusi. Selain itu, beberapa pulau yang indah juga berada didekatnya, seperti pulau Tree Palm. Sehingga pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan Teluk Corniche saja, tetapi juga tempat-tempat indah yang lain.

  1. Museum Etnografi

Dibangun pada tahun 1935, museum ini menjadi satu-satunya peninggalan dari masa tersebut. Museum ini dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang latar belakang daerahnya. Dari museum ini pula masyarakat modern bisa melihat gaya hidup masyarakat Qatar beberapa dekade yang lalu. Arsitekturnya yang sederhana menggambarkan kehidupan pada masa tersebut sangat nyaman dan aman.

Museum ini juga memiliki sebuah menara angin tradisional yang juga disebut badger, yang memungkinkan sedikit angin masuk kedalam bangunan dari segala arah. Menara angin yang megah ini merupakan bagian yang sudah biasa ada dalam rumah-rumah di Qatar.

  1. Qatar Wildlife Tours

Wisata ini sangat cocok untuk orang-orang yang mencintai alam karena akan ada banyak hal yang ditemukan di sini. Tour satwa liar Qatar  menyediakan fasilitas untuk mengeksplorasi kekayaan alam Qatar. Mulai dari laut, hutan, Doha Zoo dimana terdapat 1500 binatang dari 150 spesies yang berbeda, hingga  oryx farm dan equestrian club yang memelihara begitu banyak oryx dan tidak akan ditemukan ditempat lain. Selain itu, dalam tour ini juga diperbolehkan untuk berburu. Peserta tour hanya tidak boleh berburu di dekat taman, desa, dan tempat-tempat suci. Peserta tour juga tidak boleh dekat-dekat dengan bayi binatang, telur liar, dan sarang. Mulai tanggal 15 September hingga akhir April kegiatan perburuan juga tidak diperbolehkan.

e.       Museum Nasional Qatar

Museum ini merupakan bagian timur dari Teluk Corniche. Museum ini menyimpan perahu prestisius yang memenangkan Aga khan Award untuk restorasi arsitektur islam di Qatar. Museum ini adalah museum yang paling besar di Doha. Dalam museum ini, pengunjung dapat mengetahui sejarah Qatar. Selain itu, museum ini juga menyimpan berbagai medali yang diberikan oleh negara lain kepada Qatar

f.        Qatar Adventures Tour

Tempat ini adalah tempat yang paling ideal untuk mereka yang berjiwa petualang karena di sini disediakan berbagai macam aktivitas yang membutuhkan keberanian dan keterampilan. Fasilitas di sini telah dikembangkan selama bertahun-tahun agar lebih menantang, tapi tetap memberikan keamanan bagi para pengunjung.

Di sini, pengunjung juga dapat menikmati olahraga air yang menantang dan menyenangkan, seperti Parasailing, kayaking, powerboat racing, scuba diving, dan masih banyak lagi. Qatar Adventure tours menawarkan berbagai macam kegiatan yang pastinya akan membuat jantung para pengunjung berdetak lebih kencang.

g.      Al Bida Park

Taman ini merupakan taman yang sangat indah dan menarik perhatian. Di depannya terlihat laut Doha yang membentang dan dilengkapi dengan taman bermain yang hijau dan tempat-tempat teduh yang menjauhkan pengunjung dari terik matahari membuat tempat ini sangat idel untuk libuarn bersama keluarga atau teman-teman. Di tempat ini pengunjung juga bisa bersepeda, jongging, atau sekedar jalan-jalan. Fasilitas seperti restaurant serta outlet-outlet makanan dan minuman juga sudah lengkap.

M.   Acara Besar

a.      Qatar Masters

Sebuah turnamen golf ternama yang diadakan di Doha Golf Club, Qatar. Turnamen ini pertama kali diadakan pada tahun 1998 untuk mempromosikan olahraga golf di Qatar. Turnamen ini nampaknya terus berkembang pesat dan semakin terkenal di seluruh dunia hingga menjadi salah satu dari tiga turnamen tour golf Eropa yang diadakan di Teluk Persia. Selama beberapa tahun terakhir, PesertaQatar Masters semakin bertambah . Didukung oleh lapangan yang memiliki fasilitas kelas dunia, Qatar Masters menjadi salah satu tujuan para pecinta golf dunia. Hal ini membuat pemerintah terus memperhatikan acara besar ini. Apalagi saat ini Qatar Masters sudah diakui oleh Asia sebagai turnamen golf ternama.

b.      Qatar Open

Qatar Open merupakan turnamen tenis yang paling populer di Qatar. Pertandingan pertama diadakan pada Januari 1993 dan hanya untuk petenis laki-laki. Kemudian pada tahun 2001, penyelenggara Open Qatar mulai mengundang petenis wanita mengingat semakin terkenalnya turnamen ini setelah banyak petenis kelas dunia yang bermain di sini. Beberapa bintang tenis seperti Boris Becker, Pete Sampras, Enquist, Nicolas Kiefer, Marc Rosset, dan Fabrice Santoro pernah bermain di sini. Selain itu, bintang tenis perempuan seperti Martina Hingis, Mary Pierce, Sandrine Testud, serta Arantxa Sanchez Vicario juga pernah bermain di sini.

Qatar Open ini memegang peranan yang sangat penting dalam memperkenalkan tenis di Qatar. Sejak adanya Qatar Open, banyak klub tenis yang berdiri dan sekarang menjadi populer seperti Al-Arabi, Al-Saad, Al-Ahli, dan Al-Rayyan. Sebelum adanya turnamen ini, hanya ada tiga turnamen local yang diselenggarakan sepanjang tahun, sekarang sudah banyak turnamen termasuk turnamen yang diselenggarakan oleh klub swasta.

  1. Power Boat Racing

Power Boat Racing merupakan sebuah acara tahunan yang paling popular di Qatar, di samping tenis dan golf. Perlombaan ini tidak hanya diikuti penduduk lokal saja, tetapi juga wisatawan asing. Bahkan, Federasi Olahraga Qatar Marine didirikan untuk mempromosikan perlombaan antara penduduk dan wisatawan.

  1. International Trade Fair

International Trade Fair-Doha merupakan sebuah pusat perbelanjaan di Qatar yang menyediakan berbagai produk dan jasa dari banyak pedagang di seluruh dunia dalam satu atap. Acara ini dilaksanakan dalam seminggu setiap tahunnya di Qatar International Exhibition Center, Doha. Acara ini sangat mengutamakan pembeli sebagai raja, sehingga selalu memberikan diskon akibat persaingan ketat antar penjual. Barang yang dijual dalam acara ini sangat beragam, mulai dari alat tulis dan buku-buku, hingga perabotan rumah dan barang-barang antik. International Trade Fair-Doha juga diiringi dengan penyelenggaraan pertunjukan budaya yang menarik orang tua maupun anak-anak untuk datang ke acara ini.

  1. Festival Budaya Doha

Festival Budaya Doha diselenggarakan pada bulan Maret setiap tahunnya untuk mempromosikan budaya daerah, dan berhasil menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi Qatar. Kemajuan setiap detail acara ini berada di bawah kendali Yang Mulia Al-Sheikh Hamad bin Khalifah At-Thani secara personal. Festival ini memiliki banyak kegiatan, seperti musik, puisi, teater dan tari yang merupakan warisan budaya Qatar. Selain itu, terdapat pula pameran fotografi dan seni, serta rumah mode Qatar di dalam festival ini. Festival ini menampilkan beragam cerita rakyat, sehingga membantu anak-anak untuk memahami budaya negara mereka sendiri. Tapi acara yang paling banyak diminati adalah menyanyi dan berpuisi, sehingga dibuatlah pengaturan khusus agar penyanyi dan penyair terkenal tertarik untuk turut berpartisipasi di sini.

Lagu Kebangsaan Qatar

Al-Salam Al-Amiri

Qasaman, qasaman, qasaman biman rafa’ as-seme’
Qasaman biman nashraz.- z.iye’
Qat.arun satbaqa x.auratan
Tasmu birux.i l-aufie’

Siru’ ‘ala nuhaj il-‘u
wa’la z.ia’ il ‘anbiya’
Qat.arun biqalbi sirat
‘azul ‘amjaad ul-‘iba

Qat.arun ir-rajil al-‘awain
X.aumatnu yaum al-inda’
Wax.amaymun yaum as-salam
Jawarix.a yaum al-fida’a
2x

Qasaman, qasaman, qasaman biman rafa’ as-seme’
Qasaman biman nashraz- z.iye’
Qat.arun satbaqa x.aratan
Tasmu biruxi l-aufi’e

 

Daftar Pustaka

http://www.tentangqatar.com/

http://news.bbc.co.uk/2/hi/middle_east/country_profiles/791921.stm

http://www.mapsofworld.com/qatar/people-culture-festivals/culture.html

http://www.qatarembassy.net/climate.asp

http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2011/03/22/pusat-kebudayaan-dan-kesenian-di-doha/

http://www.kbridoha.com/library/ProfilNegaraQatar_0406.pdf

http://countrystudies.us/persian-gulf-states/69.htm

http://pks-qatar.net/

http://www.eramuslim.com/

http://www.everyculture.com/No-Sa/Qatar.html

http://www.factmonster.com/ipka/A0107901.html

http://www.qatarembassy.net/

http://www.middleeasthub.com/qatar.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s