Referensi

RUANGAN-RUANGAN YANG ADA DI HOTEL

RUANGAN YANG ADA DI HOTEL

LOBBY

 

Pengertian           : Lobby adalah ruang teras di dekat pintu masuk hotel (bioskop, gedung perkantoran, dan lainnya) yang biasanya dilengkapi dengan berbagai perangkat meja dan kursi. Fasilitas:Sofa , Meja

Fungsi: Sofa: Sebagai sarana para tamu untuk duduk ketika sedang menunggu.Meja: Sebagai tempat untuk meletakkan barang tamu/pelengkap sofa.

Kekurangan :sofa/kursi yang ada hanya sedikit.  meja yang terdapat di tengah lobby sangat mengganggu.

Kelebihan  : Sangat luas dan bersih. Mewah. Warna dinding yang di pilih sangat sesuai.

MEETING ROOM

Pengertian           : Meeting room adalah ruangan yang di gunakan untuk pertemuan dua orang atau lebih.

Fasilitas    : MejaKursiLayar besarAksesorisTirai

Fungsi                   : Meja  : Untuk alas menulis atau hanya sekedar untuk meletakkan tangan. Kursi       : Sebagai sarana untuk duduk. Layar     : Untuk memudahkan jalannya meeting jika sedang melakukan presentasi. Aksesoris      :Sebagai pelengkap meja segaligus untuk memperindah. Tirai   : Untuk menjadikan ruang meeting lebih hangat.

Kelemahan/kekurangan            :

Efek pencahayaan yang dipilih kurang sesuai,karena ruangan untuk meeting memerlukan pencahayaan yang terang.

Kelebihan : Meeting Room yang di sediakan di hotel ini terlihat sangat nyaman dan hangat.Ini karena adanya tirai tinggi yang di gunakan. Aksesoris sederhana yang di tempat kan di tengah meja menjadikan nya lebih menarik. Adanya layar besar yang di tempatkan di depan, membuat meeting room menjadi lebih nyaman untuk di gunakan.

RESTAURANT

    Pengertian  : Restorant adalah suatu tempat dimana seseorang yang datang menjadi tamu yang akan mendapatkan pelayanan untuk menikmati makanan, baik pagi, siang, ataupun malam sesuai dengan jam bukanya dan oleh tamu yang menikmati hidangan itu harus membayar sesuai dengan harga yang ditentukan sesuai daftar yang disediakan di restoran itu.

    Fasilitas       : Meja dan kurrsi Alat-alat makan Lampu hias, Counter stand

    Fungsi                     : Meja dan kursi:Digunakan untuk meletakkan makanan&untuk duduk para pengunjung. Alat-alat makan: Sebagai alat yang di gunakan untuk makan&minum. Lampu hias: Digunakkan untuk menerangi restaurant dan juga sebagai penghias restaurant. Counter stand: Digunakan oleh para pelayan untuk mengawai tamu.

Kelemahan/kekurangan: -Walaupun tata meja&kursi yang sangat rapi,tapi membuat ruangan yang di gunakan terlihat sempit.

    Kelebihan   : Set up meja dan kursi yang di lakukan oleh pihak hotel sangat rapi. Nuansa yang di pancarkan di restaurant ini sangat hangat dan nyaman. Meja kursi yang di pilih cocok dengan konsep yang di inginkan pihak hotel. Lampu yang di gantung di tengah menjadi daya tarik tersendiri bagi restaurant ini.

SWIMMING POOL

    Pengertian             : Kolam renang adalah suatu konstruksi buatan yang di rancang untuk di isi dengan air dan di gunakan untuk berenang, menyelam, atau aktivitas air lainnya.

    Fasilitas                 : Kolam renangTanggaKursi santai
Fungsi                   : Kolam Renang           : Berfungsi untuk olahraga,relaksasi,rekreasi,tempat bermain. Tangga        : Untuk membantu pengunjung jika ingin naik ke atas dari kolam. Kursi santai           : Sarana bersantai bagi tamu yang tidak ingin berenang.

    Kekurangan          : Tidak ada papan pengumuman yang memberikan tanda kepada pengunjung tentang batas-batas_kedalaman_kolam.

    Kelebihan         : Kolam renang yang di sediakan sangat luas dan bersih. Terdapat kursi santai dan juga payung yang berada di pinggir kolam. Terdapat tangga yang memudahkan pengunjung untuk naik dan turun ke kolam.

KITCHEN

    Pengertian  : Dapur adalah suatu ruangan atau tempat khusus yang memiliki perlengkapan dan peralatan untuk mengolah makanan hingga siap untuk disajikan.

    Fasilitas             : Komor gas Alat-alat masak.

    Fungsi                 : Kompr gas       : Berfungsi sebagai media untuk memasak.  Alat-alat masak       : Berfungsi untuk mempermudah pekerjaan di dapur terutama kegiatan memasak.

    Kekekurangan    : –

    Kelebihan            : Peralatan dapur yang sangat banyak tetapi tetap dapat tertata dengan rapi di sini.  Staff dapur yang sangat disiplin tercermin dari keadaan dapur yang bersih.  Semua alat-alat di pisahkan berdasarkan jenis masing-masing yang dapat memudahkan koki-koki untuk mengambil apa yang mereka inginkan dengan cepat.

 MUSHOLA

   Pengertian        : Mushola adalah tempat yang di gunakan oleh orang muslim untuk melaksanakan kewajiban beribadahnya.

    Fasilitas            : Sajadah Mimbar Jam dinding Papan larangan merokok

    Fungsi             : Sajadah     : Sebagai salah satu alat yang biasa di gunakan sebagai alas ketika sholat. Mimbar       : Biasanya di gunakan untuk berceramah seusai sholat. Jam dinding    : Di pasang untuk mengetahui waktu sholat. Papan larangan merokok    : Untuk mengingatkan para jamaah untuk tidak merokok di dalam masjid.

    Kekurangan     : Tidak terpasang gambar kaligrafi yang biasanya terdapat dalam mushola kebanyakan

    Kelebihan   : Tempat yang luas dan bersih. Terdapat sajadah yang telah di sediakan jika ada salah satu jama’ah/musyafir yang tidak membawa alat sholatTerdapat mimbar yang dapat digunakan untuk berkutbah pada saat sholat jum’at atau acara pengajian lainnya.

RUANG KECANTIKAN

Pengertian        : Ruang kecantikan adalah tempat yangdi gunakan untuk merawat dan memanjakan diri dengan segala perawatan yang telah di sediakan.

Fasilitas            : KursiKacaAlat-alat kecantikan

Fungsi              : Kursi: Tempat untuk duduk para pengunjung yang akan melakukan perawatan. Kaca: Berfungsi sebagai media untuk bercermin yang digunakan oleh pegawai salon saat melakukan perawan untuk para pelanggan. Alat-alat kecantikan:  Berfungsi untuk menjadikan diri sendiri maupun orang lain_menjadi_semakin_cantik.

Kekurangan     : Tidak ada kursi-kursi untuk para pengantar. Tidak terdapat majalah kecantikan,yang berfungsi sebagai bahan bacaan untuk_tamu_agar_tamu_tidak_bosan.

Kelebihan        : Terdapat kaca yang besar,tempat duduk yang nyaman,dan semuanya tertata dengan_rapi.

RUANG KEBUGARAN

Pengertian    : Ruang kebugaran adalah suatu wadah bagi mereka yang ingin menyegarkan badan dengan melakukan olahraga, yang dapat melenturkan tubuh, mengencangkan otot dan membuat tubuh menjadi kekar.

Fasilitas        : LampuAlat-alat olahraga

Fungsi          : Lampu                   : Berfungsi untuk menerangi ruangan. Alat-alat olahraga: Berfungsi membantu dalam kegiatan keolahragaan

 Kekurangan : –

Kelebihan     : Semua alat tertata dengan rapi. Tempat yang luas di tambah dengan lampu besar yang  membuat tempat ini sangat nyaman untuk di kunjungi. Dan semua alat-alat olahraga di sendirikan berdasarkan jenisnya.Itu dapat memudahkan pengunjung untuk memilih alat olahraga apa yang akan mereka pakai.

KAMAR

BERDASARKAN FASILITAS

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tipe-tipe kamar di hotel dapat dibagi berdasarkan fasilitasnya, dan hal ini-lah yang biasa paling umum digunakan dalam memesan kamar. Karena itu kita akan membicarakannya terlebih dahulu dimulai dari yang termurah.

STANDARD ROOM (STD)

Standard Room atau kamar standard merupakan sebutan kamar paling murah di sebuah hotel dan biasanya merupakan istilah di hotel-hotel Amerika.Tetapi berbeda dari kamar single (single room), kamar standard untuk setiap hotel itu berbeda-beda. Terkadang memiliki satu ranjang king-size, double dengan 2 ranjang queen-size, atau bahkan memang hanya satu ranjang seperti single room.

    Kamar Standard memiliki fasilitas yang paling dasar, biasanya sebuah televisi, pembuat kopi, telepon, meja, kloset dan kamar mandi.Fasilitas tambahannya juga tergantung dari hotel tersebut.Tentunya hotel bintang 2 dengan hotel bintang 5 memiliki fasilitas standard yang berbeda.Tapi memang standard room merupakan kamar paling murah dari suatu hotel.

SUPERIOR ROOM (SUP) / PREMIUM ROOM

 Biasanya kamar tipe Superior ini memiliki definisi yang berbeda-beda di setiap hotel.Terkadang merupakan kamar standard dengan ukuran dan fasiltias yang lebih.Atau juga terkadang mungkin merujuk ke kamar khusus dengan pemandangan atau lokasi yang lebih baik. Biasanya dikenal juga dengan nama Premium Room.

    Sederhanya adalah merupakan kamar yang dilihat hotel lebih baik daripada Standard Room.Cara terbaik tentunya lebih baik Anda menanyakan terlebih dahulu fasilitas kamar Superior di hotel terkait.

DELUXE ROOM (DLX)

    Kamar ini didesain untuk terlihat lebih berkelas dalam berbagai hal dimulai dari penampilan, ukuran dan lokasinya. Akan tetapi, dalam beberapa hotel terkadang kamar tipe Deluxe dikategorikan di bawah kamar tipe Superior.

JUNIOR SUITE ROOM (JRSTE) / STUDIO (STU)

        Sebuah ruangan besar yang dimana ruang tidur dan ruang duduk (seating area) terpisah. Walaupun biasanya muncul dalam bentuk kamar single, ia tetap memiliki pemisah kecil antara ruang duduk dan ruang tidur.

    Anda mungkin juga pernah mendengar mengenai ukuran Studio, sebenarnya kamar dengan tipe Studio tidaklah begitu berbeda jauh dengan kamar tipe junior suite.Hanya saja ukurannya lebih besar karena adanya tambahan dapur dan fasilitas memasak di dalamnya, dan harganya-pun terkadang lebih mahal daripada kamar tipe Suite.

SUITE ROOM (STE)

       Kamar tipe Suite dapat dikatakan seperti apartemen kecil di dalam sebuah hotel.Dengan ukuran yang jauh melebihi ukuran standard.Memiliki ruang tidur, ruang tamu dan ruang memasaknya sendiri.Biasanya kamar ini digunakan oleh orang-orang bisnis dan keluarga yang tinggal di hotel untuk periode yang agak lebih lama.

    Bahkan dalam beberapa kasus untuk hotel yang benar-benar kelas atas, Suite Room merupakan kamar termurah mereka. Suite Room sendiri dapat diperluas menjadi tipe Executive yang biasanya untuk manajer kelas atas dan Presidential, dimana akan kita bahas lebih lanjut di tipe Presidential.

PRESIDENTIAL / PENTHOUSE ROOM

                 Seperti yang telah dibicarakan tadi, Suite Room dapat diperluas menjadi Presidential Suite. Biasanya dikenal juga dengan nama Penthouse yang dimana merupakan lantai teratas dari hotel. Dengan ruangan yang lebih besar, pemandangan dan perlengkapan terbaik yang ditawarkan sebuah hotel dan merupakan kamar termahal dari suatu hotel.

KAMAR BERDASARKAN JUMLAH RANJANG

Tipe-tipe kamar hotel sendiri dapat dibagi berdasarkan jumlah ranjang dalam suatu kamar seperti single room, double room dan seterusnya.Pemesanannya biasa digabungkan dengan fasilitasnya, seperti Single Suite Room dan sejenisnya.

SINGLE ROOM

Merupakan kamar untuk satu orang yang dilengkapi dengan satu buah tempat tidur berukurang single untuk satu orang.

TWIN ROOM

Sebuah kamar untuk dua orang yang dilengkapi dengan dua buah tempat tidur masing-masing berukurang single.

DOUBLE ROOM

Merupakan sebuah kamar yang dilengkapi dengan satu buah tempat tidur berukuran double (ranjang besar yang muat untuk dua orang).

TRIPLE ROOM / FAMILY ROOM

Kamar untuk 3 orang yang biasa disebut juga dengan nama Family Room, merupakan kamar dengan satu buah tempat tidur berukuran Double dan satu buah tempat tidur berukurang Single, atau sebuah kamar yang dilengkapi 3 buah tempat tidur masing-masing berukuran Single.

Sumber:https://mutiayollanda.blogspot.co.id/2013/10/ruangan-ruangan-yang-ada-di-hotel.html?showComment=1466527042452#c2379980749817967784

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s